Kamis, 11 Januari 2018

Mainan Baru - Fujifilm Instax Mini 90 Neo Classic


Menutup tahun 2017 kemarin, aku sempat belanja online yang bisa di bilang nggak biasa. Karena kalau biasanya jajanan online aku itu kalau nggak sekitaran makeup/ skincare, yah baju atau sepatu. Tapi kali ini aku belanja gadget. "Fujifilm Instax Mini 90 Neo Classic".

Akhirnya aku punya juga kamera yang aku mimpi-mimpikan dari kuliah. Waktu kuliah dulu karena uang jajan yang terbatas kamera ini cuman bisa jadi angan-anganku. Tapi sekarang I got it. Selain keterbatasan uang jajan yang menjadi faktor utama. Faktor sulitnya mendapatkan kertas film atau refill polaroid ini agak lumayan susah. Karena pada jaman itu belanja online nggak semudah sekarang. Sekarang mah gampang, tinggal buka aplikasi e commerce yang udah banyak saat ini. Pesan, bayar, nyampe deeh..

***

Dari sekian banyak kamera polaroid terutama dari fujifilm, mengapa aku pilih Instax Mini 90 Classic Neo ini?
Pertama, karena designnya yang klasik dan elegant. Seperti model-model kamera jaman dulu. Dan yang kedua, Instax Mini 90 Neo Classic ini memiliki beberapa fitur yang standar namun tidak terlalu standar seperti Instax Mini di bawahnya.



Memiliki dua buah rilis shutter pada sisi horizontal dan vertikal. Aku jadi bisa bebas mengambil gambar sesuka hatiku. Mau itu Potrait atau Landscape. Selain itu ada fitur Makro Shooting, Pengaturan Brightness, Self Timer, Pengaturan Flash dan yang terakhir Pengaturan Shooting Mode. Hebat nggak sih, kamu bisa mengatur kecerahan sekaligus blitz di kamera polaroid? Apalagi bagi kalian penggila blitz. Kamera polarodi ini paling pas dengan pegaturan blitznya. Jadi foto kamu bisa keliatan semakin oldies. Super luv!




Yang lebih menarik adalah beberapa Shooting Mode yang diberikan, mulai dari Mode Party, Kids, Landscape, Bulb dan yang paling diunggulkan dari Instax Mini 90 Neo Classic ini adalah Mode Double Exposure atau Mous Eksposur Ganda. Apa itu Mode Double Exposure? Aku akan sedikit menjelaskan tentang mode-mode yang di miliki oleh Instax Mini 90 Neo Classic ini termasuk Mode Double Exposure.
  • Party Mode adalah digunaan untuk membuat latar belakang lebih cerah. Biasanya kalau dalam keadaan gelap hasil warna latar belangn bisa menjadi hijau kebiruan atau bahkan kemerahan sesuai dengan kondisi pencahayaan. Namun jika latar belakang terlalu gelap, efeknya mungkin tidak dapat diperoleh.
  • Kids Mode dugunakan untuk memotret objek yang bergerak cepat seperti anak-anak di dalam ruangan. Menggunakan mode ini mengurangi blur pada objek.
  • Landscap Mode digunakan saat pengambilan gambat sebuah tempat yang jauh
  • Double Exposure digunakan untuk menjadikan 2 objek sakaligus dalam satu frame. Dan disarankan ketika menggunakan mode ini, Dark Brightness lebih disarankan untuk hasil yang maksimal.
  • Bulb Mode digunakan saat memotret pemandangan malam. Disarankan menggunakan meja atau tripod untuk lebih memaksimalkan mode ini karena dapat mengurangi efek blur pada foto.
Mungkin sebagian orang berpikir kalau kamera polaroid sedikit tidak ada gunaanya, apalagi di era modern saat ini. Dimana kita bisa memotret apa yang kita mau dan menyimpannya di memory card , beberapa gadget seperti laptop atau bahkan ruang-ruang penyimpanan online yang sekarang sudah marak beredar. Tapi untuk aku pribadi rasanya punya kepuasan tersendiri dengan memiliki kamera langsung jadi ini. 
Pertama aku nggak perlu repot beli kertas foto, ngukur dan cetak lewat printer atau bahkan ke tukang foto terdekat. Apalagi sekarang tukang cetak foto keberadaannya sudah hampir punah di telan jaman. Dan yang kedua sebagai kenang-kenangan lucu yang nantinya bakal diingat ketika kita sudah tua nanti dan menunjukkan ke anak cucuku kita. Apalagi dengan ekspresi-ekspresi spontan foto yang jadi belum tentu bagus. Makin jadilah kenangan lucu itu untuk nantinya jadi memory masa lalu. Asiiiiiik..